UTS MPPL

Agung Dwi Wicaksono
5116100123
MPPL-D

1. Tor / Kak  Project




2. Tentukan Ruang lingkup proyek.
    Ruang Lingkup ada di dalam KaK poin 2.
3. Sebutkan proses-proses dalam manajemen proyek sehingga proyek tersebut bisa selesai.

  1. Konsepsi
    1. Konsepsi dibagi dua menjadi:
      1. Bagian pertama : inisiasi ide, tahap dimana ide muncul
      2. Bagian kedua : Uji kelayakan proyek.
    2. Proposal proyek
    3. Pemilihan proposal proyek
    4. Negosiasi kontrak
  2. Perencanaan
    1. Penyiapan rencana proyek secara detail
    2. Penentuan spesifikasi proyek secara rinci
  3. Eksekusi
    1.  Pengembangan Perankat lunak . Dalam tahap ini spesifikasi diterjemahkan ke dalam bentuk development proces
    2. Pengadaan. Pada tahap ini dilakukan fasilitas-fasilitas pendukung maupun material.
    3. Produksi .Setelah fasilitas dan bahan tersedia, maka dilakukan pelaksanaan produksi berikut pengawasan dan pengendalian sumberdaya yang digunakan dan progress report.
    4. Implementasi. Pada tahap ini dilakukan penyerahan hasil akhir proyek. Penyerahan dapat disertai dengan training untuk user.
  4. Operasi
    Setelah hasil proyek diserahkan ke user maka proyek dianggap selesai. Keterlibatan kontraktor dianggap telah selesai dan user mulai mengoperasikan hasil proyek tersebut.

4. Penerapan manajemen proyek memberikan beberapa keuntungan, sebutkan .


  1. Lebih efisien dalam pembuatan proyek
    Manajemen proyek memberikan roadmap yang mudah untuk diikuti sehingga menambah keefisienan pembuatan proyek
  2. Meningkatkan kepuasan konsumen
    Manajemen proyek memberikan laporan terinci terhadap kostumer dan mempercepat pembuatan program sehingga kustomer lebih puas
  3. Lebih flexible
    Saat memetakan manajemen proyek dari pemetaan itu mungkin muncul strategi strategi baru yang dapat diambil
  4. Peningkatan risk assessment
    Project management memberikan risk management sebelum proyek selesai dikerjakan.


5. Modul/ fitur apa saja yang akan diimplementasikan untuk proyek di atas?
  1. Pelapor Keluhan
    1. Input keluhan
      berupa tipe keluhan, tempat keluhan terjadi (komputer apa dimana), tanggal keluhan. 
    2. Pengecekan status keluhan.
      Mengecek apakah keluhan sudah terjawab apa belum
  2. Penjawab Keluhan (admin):
    1. Pengelolaan data keluhan
    2. Pelaporan penyelesaian keluhan
      Berupa laporan untuk setiap laporan yang berisi kapan penyelesaian dilakukan, apa yang telah dilakukan untuk menyelesaikannya dan apa yang dibutuhkan untuk penyelesaiaanya.